Kamis, 13 Maret 2008

Stub Projector

Sebutan Stub projector adalah file *.dir yang biasanya kita buat untuk file projector.exe dengan menggunakan menu file>create projector, file stub ini cukup kecil sizenya sehingga akan mempersingkat waktu ketika anda menjalankan projector.exe anda, karena jika anda membuat file projector.exe biasa, dan file tersebut mempunyai isi /konten yang besar (movie, gambar dan text)… maka anda akan merasakan proses loading yang cukup lama jika menggunakan file projector.exe biasa.

Usahakanlah untuk membuat file stub untuk projector.exe sedangkan file movie lainnya bisa anda buat dengan file *.dir atau *.dxr.

Presentasi menggunakan Macromedia Director biasanya terdapat banyak file didalamnya dan kita menyambungnya dengan memakai fasilitas MIAW atau memanggil movie director tersebut satu sama lainnya.

Kalau anda perhatikan, saya biasa membuat cd interaktif dengan menggunakan stub projector, file exe (stub) tersebut cukup kecil sehingga cukup cepat loadingnya, sedangkan file-file DXR yang lain cukup besar, bisa anda bayangkan jika file DXR tersebut saya buat sebagai projector.exe ….. aksesnya pasti akan sangat lama.

Cara membuat Stub projector

1. Buat satu buah directory (misalkan : Presentasi) didalam directory ini nantinya akan kita masukan directory-directory lainnya yang dibutuhkan.

2. Jalankan Director

3. Buka file Dir yang anda buat (File > Open) atau membuat file project yang baru (File>New>Movie).

4. Selanjutnya anda klik menu Modify > Movie > Xtras (perintah ini akan membuka kotak Movie Xtras)

5. Nonaktifkan pilihan “Include in Projector” pada setiap xtra yang digunakan dengan cara memilih xtranya dan menonaktifkan pilihan “Include in Projector”, hal ini akan mempercepat loading file projector.exe anda, karena xtra tersebut tidak di compile menjadi satu didalam file projector.exe. anda juga harus mencatat setiap nama xtra yang dibutuhkan untuk project anda ini.

6. klik tombol OK jika sudah selesai.

7. Pilih menu File > Save and Compact untuk menyimpan movie anda. Lakukan kembali cara yang sama (3 s/d 7) pada setiap file movie yang termasuk didalam project anda.

8. Pilih menu File > Create Projector

9. Didalam kotak dialog Create Projector Pilih file yang akan anda buat exenya

10. Didalam kotak dialog Create Projector klik tombol option untuk masuk ke menu option

11. Pada pilihan Player anda pilih “Shockwave” dan klik OK

12. kembali Didalam kotak dialog Create Projector anda klik tombol “Create” dan didalam kotak dialog “Save project as” anda berikan nama yang sama dengan movie project anda, jangan lupa untuk menyimpannya didalam folder yang anda buat.

13. Keluar dari director.

14. Didalam folder presentasi yang anda buat, buat lagi sub-folder dengan nama “Xtras”.

15. Buka folder C:\Program Files\Macromedia\Director 8.5\Xtras didalamnya terdapat Xtra yang anda butuhkan, copy file-file Xtra yang dibutuhkan (sesuai catatan anda pada langkah ke 5) kedalam folder xtras anda didalam folder presentasi.

16. Copy juga file-file berikut (dirapi.dll - iml32.dll – proj.dll – msvcrt.dll) yang terdapat didalam folder C:\Program Files\Macromedia\Director 8.5 kedalam folder Xtras didalam folder presentasi anda.

17. Jalankan file project director *.exe anda, dan anda akan merasakan kecepatan loadingnya.



-------------------------------------------------------------------------------------------------
(sumber: www.Augesweb.com)

Tidak ada komentar: