Jumat, 14 Maret 2008

Path untuk Video

Kasus :

.....saya masih belum berhasil memasukkan video ke director. director tidak bisa memainkan hanya menampilkan gambar kotak merah dengan tanda silang pada bagian video. Sebenarnya behavior yang dipakai untk memainkan video di director itu apa ? Sebagai gambaran video saya letakkan mulai frame 30. pada frame 29 ada gambar jpeg dengan button next, maksud saya jika ditekan next maka akan memainkan video di frame 30 behavior untuk button next itu apa Go to Frame 30, Play movie…. Atau Play frame 30 atau yang lain koq video saya di path yang benar tapi director tidak mau memainkan videonya?

Solusi :

Director memang dapat mempacking beberapa material yang anda gunakan, seperti gambar dan teks, ketika anda mengcreatenya sebagai projector.exe, file meterial gambar dan teks anda terpacking menjadi satu didalam file projector.exe. Tapi hal ini tidak berlaku untuk file movie anda.. file movie anda harus disertakan menjadi satu paket apabila anda mengemas project presentasi director anda kedalam sebuah CD atau komputer yang lain.

Misalkan file movie anda ada didalam folder c:\temp\movie.mpg
lalu file project anda berada pada path c:\projector.dir.
Maka otomatis anda juga harus memperhatikan packing pada target lain sesuai atau sama pada source anda (file movie.mpg diletakan didalam folder Temp pada target).

Permasalahannya disini ketika anda menjalankannya di target yang baru, Director selalu menanyakan source asli file mpg anda pada drive C:\temp\?.

Untuk itulah anda harus melakukan satu trik ini :

Disaat anda mengimport suatu file movie mpg kedalam cast window, Director biasanya merubahnya menjadi format Quicktime. Kecuali jika anda menggunakan format Avi ataupun Quicktime, Director tidak akan merubahnya menjadi format yang lain. Director sebetulnya mempunyai sebuah "Xtras" untuk file movie MPEG yaitu MpegXtra, tapi anda harus membelinya dan harganya cukup mahal. Jika Director tidak dapat mengenali file MPG anda, anda harus merubahnya menjadi format Avi atau Qtw dengan menggunakan Adobe Premiere.


Berikut kita sampai ke bagian trik dimana kita akan menanggulangi masalah "Lost Target Movie".
Pertama anda perhatikan pada Path movie anda didalam Property Inspector di area tab Member'



Lalu anda rubah path nya dengan memberi tanda "@" seperti gambar dibawah ini :


Jika anda mengklik mouse anda ke suatu area yang lain, Director pasti mengembalikan path movie anda ke target semula yaitu C:\Documents and Settings\Auges Savara\My Documents\temp\Eminem - Without Me.mpg.
Anda acuhkan saja,... karena sekarang anda sudah menset target anda dengan baik. Jangan lupa untuk menyimpan (save) kembali project Director anda.

Pada Score window anda bentuk seperti ini :


Sedangkan untuk gambar tombol "GOButton" anda masukan Behaviour :


Lalu anda arahkan targetnya ke Marker "Movie" yang telah anda buat :
Setelah selesai, jangan lupa anda save, lalu buat projector.exe anda.. dan jika anda tempatkan pada CD ataupun target yang lain, Director dapat membuka file mpg anda.
-------------------------------------------------------------------------------------------------

(sumber: www.Augesweb.com)

Tidak ada komentar: